Upacara Pembukaan Latihan Capaska Tandai Kesiapan Paskibraka Jombang Kibarkan Merah Putih

3 min read

Jombang – suaraharianpagi.id

Pj Bupati Jombang Dr. Drs. Teguh Narutomo, M.M., CRGP., CGCAE., CFrA., memimpin Upacara Pembukaan Latihan Calon Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kabupaten Jombang Tahun 2024 di halaman Swagata Pendopo Pemerintah Kabupaten Jombang pada Rabu (31/07) pagi.

Upacara ini juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jombang Agus Purnomo S.H., M. Si., jajaran Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD terkait, para pelatih Capaska, dan 73 Capaska kebanggaan Kabupaten Jombang.

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo yang akrab disapa dengan Mas PJ menekankan pentingnya tahapan pelatihan bagi Paskibraka sebelum memasuki tahapan pengukuhan.

Sebab latihan Capaska ini mengandung banyak sekali makna, nilai, dan filosofi kehidupan, karena kegiatan Paskibraka ini mengedepankan nilai cinta tanah air dan rela berkorban untuk NKRI.

Seperti kita ketahui, Capaska yang terpilih pada tahun ini adalah putra-putri terbaik Jombang yang telah melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat dan telah mengikuti latihan intensif sejak bulan Juni hingga Juli.

Hal ini tentu saja merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi diri sendiri, sekolah, dan juga bagi para orang tua.

“Terpilihnya adik-adik dari sekian banyak pendaftar menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan dan memenuhi syarat sebagai anggota Paskibraka. Dan ini akan kalian buktikan selama masa pendidikan dan pelatihan,” kata Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

Menjadi Paskibraka bukanlah tugas yang ringan, melainkan sebuah tanggung jawab besar yang memerlukan disiplin, ketahanan fisik, dan mental yang kuat. Oleh karena itu, penyelenggaraan latihan Capaska Kabupaten Jombang tahun 2024 ini merupakan salah satu upaya untuk melatih kesigapan dan keterampilan Capaska yang akan bertugas di Kabupaten Jombang agar tampil maksimal.

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo berpesan, dari pelatihan ini diharapkan dapat mengambil nilai-nilai positif yang diperlukan guna mengembangkan kepribadian dan pembentukan karakter generasi muda.

Latihan ini juga bertujuan meningkatkan profesionalisme dan idealisme dalam berbangsa dan bernegara, serta menjadi sarana untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin guna memberikan penampilan terbaik saat berlangsungnya upacara Hari Peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-79 nanti.

“Kepada para Capaska Kabupaten Jombang tahun 2024, ingatlah bahwa tugas kalian adalah bagian dari sejarah bangsa. Setiap langkah yang kalian ambil, setiap gerakan yang kalian lakukan, adalah bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan dan wujud nyata dari rasa nasionalisme kita,” pesan Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo mengapresiasi, berterima kasih, dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap panitia baik pelatih maupun pendamping Paskibraka tahun 2024 yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik.

Pihaknya mengajak seluruh pihak untuk bersatu padu agar momen bersejarah ini dapat terlaksana dengan khidmat dan sempurna.

Menutup upacara Pembukaan Capaska Kabupaten Jombang Tahun 2024, Para Capaska kompak menggelorakan yel-yel yang menandai semangat mereka dalam bertugas pada Hari Kemerdekaan.

Aksi ini disaksikan langsung oleh Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo bersama undangan yang hadir. Penampilan yel-yel Capaska mendapatkan sambutan dan tepuk tangan luar biasa. *ryan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours