PJ Bupati Jombang Tilik Desa Tengaran Kecamatan Peterongan

2 min read

Jombang – suaraharianpagi.id

Mengunjungi Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan pada Kamis (18/01), Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos. M.Psi.T didampingi Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, meninjau potensi budidaya ikan patin Balai Penyuluhan Perikanan Kabupaten Jombang yang terletak di Dusun Surabayan, Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur.

Tiba di Kecamatan Peterongan, Pj Bupati Jombang Sugiat yang disambut oleh Camat Peterongan Eryk Arif dan Forkopimcam setempat menyampaikan apresiasi positif terhadap perkembangan budidaya ikan Patin di daerah tersebut.  

Kunjungan Pj Bupati Jombang yang diberi nama “Bulik Sospa” – Bupati Tilik Desa dengan mengendarai vespa” ini dalam rangka melihat potensi juga menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.  

Pj. Bupati Jombang menyampaikan optimismenya bahwa budidaya ikan patin mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan sektor perikanan di Jombang.

“Saya berharap budidaya ikan Patin di Jombang dapat semakin berkembang pesat. Selain memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, kegiatan ini juga menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendukung sektor perikanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jombang’, tutur Sugiat Pj Bupati Jombang.

Sementara itu Eryk Arif Camat Peterongan menyampaikan bahwa luas kolam ikan yang digunakan mencapai 1 hektar dan hanya diperuntukkan untuk satu jenis ikan, yaitu ikan Patin. Kolam-kolam tersebut dikelompokkan sesuai dengan tahapan budidaya yang dilakukan untuk memaksimalkan hasil panen ikan Patin.

“Budidaya ikan Patin dipilih karena memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan permintaan yang terus meningkat di pasar lokal maupun internasional. Omzet setahun 250 ton, sebagian ekspor ke Arab, Amerika Serikat dan China “, tutur Eryk Arif Camat Peterongan.

Tilik Desa di wilayah Kecamatan Peterongan, Pj Bupati Jombang Sugiat juga menyerahkan program Gerakan Basuh Stunting (gerakan orang tua asuh Stunting), Galantin (gerakan cinta lansia dan anak yatim) yang dikelola oleh Baznas Kecamatan Peterongan, infaq sodaqoh seluruh Pemdes, Lintas Sektor dan Kecamatan setempat, sekaligus melakukan serap aspirasi. *ryan


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours