Mulai Buka Giling, Pj Bupati: Semoga Produksi PG Tjoekir Lancar Dan Petani Sejahtera

2 min read

Jombang – suaraharianpagi.id

Pabrik Gula (PG) Tjoekir menjadi salah satu penopang perekonomian Jombang yang sudah melegenda. Setiap tahunnya, PG Tjoekir selalu melakukan selamatan untuk mensyukuri masa awal produksi. Sebagai wujud dukungan untuk PG Tjoekir, Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos., M.Psi., T turut menghadiri Selamatan Buka Giling Pabrik Gula Tjoekir Tahun 2024 di graha karya PG Tjoekir pada Rabu (29/5) pagi.

Pj Bupati menyampaikan, industri gula memiliki peran strategis dalam perekonomian Jombang. Selain sebagai salah satu sumber pendapatan daerah, industri ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak warga Jombang. Oleh karena itu, keberhasilan musim giling tahun ini sangat penting bagi masyarakat Jombang.

Putra Daerah asli Dusun Kalongan, Desa Japanan, Kecamatan Gudo ini menuturkan, kerja sama dan sinergi antara Pabrik Gula Tjoekir dengan para mitra dan pemangku kepentingan merupakan kunci utama untuk mencapai kesuksesan dalam proses giling. Tanpa adanya kolaborasi yang baik, tentu akan sulit bagi kita untuk mencapai hasil yang optimal.

“Karena itu, saya mengapresiasi upaya dan kerja keras seluruh pimpinan dan karyawan PG Tjoekir dalam mempersiapkan musim giling tahun ini. Saya juga berterima kasih kepada para mitra dan pemangku kepentingan yang telah berkontribusi dan bekerja sama dengan baik. Saya berharap proses giling tahun 2024 dapat berjalan lancar dan sukses, menghasilkan produksi gula yang melimpah dan berkualitas tinggi”, tuturnya.

Pj Bupati yang memiliki latar belakang sebagai putra petani ini menyampaikan bahwa kesuksesan PG Tjoekir tidak hanya diukur dari jumlah produksi gula semata, tetapi juga dari kesejahteraan para petani tebu. Petani adalah ujung tombak dalam industri ini. Mereka telah berjasa besar dalam menyediakan bahan baku yang berkualitas.

“Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada seluruh jajaran Pabrik Gula Tjoekir untuk selalu memikirkan kesejahteraan para petani. Mari kita pastikan bahwa mereka mendapatkan dukungan yang layak, baik dari segi harga yang adil maupun dari segi penyuluhan dan teknologi pertanian, ” kata Sugiat Pj Bupati Jombang.

Pj Bupati berpesan, penting menjaga keseimbangan antara kegiatan industri dan kelestarian lingkungan. Ia mengajak seluruh pihak berkomitmen untuk melaksanakan praktik-praktik yang ramah lingkungan dalam proses produksi gula, sehingga tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga menjaga kelestarian alam untuk generasi mendatang.

Sebagai bentuk rasa syukur, dalam Selamatan Buka Giling Pabrik Gula Tjoekir dilaksanakan tradisi Pengantin Tebu sebagai tanda buka giling tahun ini. Selain itu, dilakukan prosesi potong tumpeng sebagai simbol pembukaan proses produksi tebu. *ryan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours