Bupati Ikfina Hadiri Pendistribusian Zakat Fitra Anggota KORPRI

3 min read

Mojokerto – suaraharianpagi.id

Seperti yang diketahui bahwa Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri. Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu,membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko menghadiri langsung serangkaian acara pendistribusian zakat fitrah anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dalam memenuhi kewajiban dalam membayar zakat dan memberi infaq kepada yang berhak menerima sesuai dengan syariat Islam melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di pendopo Graha Maja Tama (GMT), Kamis (18/4) pagi.

Baznas dipilih Pemerintah Kabupaten Mojokerto sebagai pendistribusian zakat fitrah KORPRI dengan total yang terkumpul untuk zakat senilai Rp 95.590.000,- sedangkan untuk Infaq senilai Rp 65.260.000,-. Untuk total paket zakat fitrah KORPRI yang disebarkan sebanyak 4.200 paket, yang disampaikan kepada mustahiq 18 kecamatan yang mana masing-masing desa terdapat 10 mustahiq yang menerima.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengapresiasi kepada anggota Korpri Kabupaten Mojokerto dan Baznas dapat melakukan kewajibannya sebagai umat muslim di penghujung bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah ini.

“Kita masih diberikan kesempatan untuk produktif melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita masing-masing dan hari ini adalah tugas dan tanggungjawab dari Baznas Kabupaten Mojokerto dalam melaksanakan fungsinya untuk menyalurkan zakat, infaq, dan sodaqoh para donatur kepada masyarakat Kabupaten Mojokerto yang berhak menerimanya, dan Alhamdulillah donatur utamanya adalah dari Korpri Kabupaten Mojokerto,” Ucap Ikfina.

Lebih lanjut, Ikfina meminta Dinas Sosial memetakan data masyarakat Kabupaten Mojokerto yang membutuhkan bantuan dengan membuat data base yang dapat diverifikasi di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial.

“Kita akan memakai data base yang menjadi tanggungjawab dari Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, supaya kita tahu setiap orangnya atau setiap anak yatimnya di Kabupaten Mojokerto yang betul-betul membutuhkan. Kita akan meminta peran serta seluruh masyarakat terutama pemerintah desa, lebih ujung lagi para ketu-ketua RT yang saya yakin pasti tau diwilahnya untuk butuh dibantu,” terangnya.

Selain itu, Bupati Ikfina juga mengatakan dalam memberikan bantuan diutamakan yang terdekat. “Terkait dengan infaq shodaqoh ini diutamakan yang terdekat dahulu jangan kemudian kita tidak tahu Shodaqohnya itu jauh-jauh sampai keluar pulau jawa, sementara saudara-saudara kita yang ada disekitar kita ada yang kesusahan,” tuturnya.

Dalam melakukan inovasi menyesaikan permasalahan sosial di Kabupaten Mojokerto, Ikfina berharap Baznas dapat ikut andil dalam pemerintahan. “Kita akan melakukan koordinasi dan konsolidasi dan bagaimana Baznas ini betul-betul menjadi lembaga yang bisa membantu pemerintah menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di Kabupaten Mojokerto,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Baznas Kabupaten Mojokerto, terdapat program berbuka bersama selama empat hari untuk berbuka dengan kaum dhuafa, terdapat 2.400 nasi kotak yang rencananya akan dibagikan kepada para penerima. *adv/ds

 

You May Also Like

More From Author