S2 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA MEMBERIKAN PELATIHAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS MGMP KABUPATEN MOJOKERTO

3 min read

Foto 1 Tangkapan layar Zoom Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi

Kabupaten Mojokerto – suaraharianpagi.id

Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan di jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA memberikan kesempatan kepada semua peserta didik berkembang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. Di sinilah guru-guru dianjurkan untuk memberikan pembelajaran yang berbeda untuk anak-anak yang mempunyai kemampuan maupun preferensi belajar yang berbeda dalam satu kelas. Inilah yang disebut pembelajaran berdiferensiasi. Namun kebijakan pemerintah ini tidaklah mulus di dalam pelaksanaannya. Minimnya pengetahuan guru tentang pembelajaran berdiferensiasi ini menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam rangka memberikan pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di mata Pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP kepada guru-guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Mojokerto, Tim PKM S2 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat berbentuk “Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Bahasa Inggris Fase D Kurikulum Merdeka untuk guru-guru MGMP Bahasa Inggris SMP Kab. Mojokerto”.

Foto 2 Pemberian Teori Pembelajaran Berdiferensiasi oleh Tim PKM S2 Pendidikan Bahasa FBS Unesa

Pelatihan ini merupakan kegiatan 32 jam pelatihan yang diawali pada 31 Januari 2024 dan diakhiri pada 19 Maret 2024. Banyak kegiatan dilakukan dalam PKM ini berbentuk hybrid, online training dan offline di kelas serta hands on pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi.
Rincian kegiatan antara lain: Pembekalan teori differentiated learning (4 JP), Pemodelan How to teach Listening, Speaking, Reading, Writing, dan Integrated Learning (4 JP), Perancangan differentiated learning di Modul Ajar Fase D (10 JP), Implementasi differentiated learning sesuai Modul Ajar Fase D yang sudah dikembangkan (10 JP), Refleksi theory and practice of differentiated learning (4 JP).

Pembukaan PKM ini dilaksanakan secara hybrid online via zoom dan live streaming online di Youtube di channel MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Mojokerto serta on site di SMPN 2 Mojosari Mojokerjo pada tanggal 31 Janurai 2024 jam 08.30. Kegiatan ini dihadiri oleh 117 Guru Bahasa Inggris SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Mojokerto. Acara ini dibuka oleh Bapak Akhmad Waras, S.Pd., M.Pd dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto yang sekaligus memberikan materi “Kebijakan terkait kurikulum merdeka di Kabupaten Mojokerto”. Materi selanjutnya ada pembekalan teori pembelajaran berdiferensiasi oleh Ketua PKM S2 Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unesa, Bapak Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed.,Ph.D. dengan judul “Theory and Practice of Differentiated Instruction in Kurikulum Merdeka Phase D”.

Pembekalan teori ini kemudian diikuti oleh pemodelan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan video pembelajaran Bahasa Inggris di Jepang dan Amerika. Para peserta kemudian melaksanaakan peer teaching dengan ditemani oleh tim MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Mojokerto yang diketuai oleh Bapak Bambang Hariadi, S.Pd. dan Tim PKM S2 Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unesa.

Foto 3 Pemberian Sertifikat Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi

Peserta PKM kemudian merencanakan pembelajaran berdiferensiasi dalam bentuk Modul Ajar sesuai Kurikulum Merdeka. Proses ini membtuhkan waktu 2 minggu. Setelah itu peserta wajib melaksanakan Modul ajarnya serta merekam kegiatan pembelajaran untuk diunggah sebagai bukti pelaksanaan pembelajaran beridiferensiasi di mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP. Para peserta PKM yang sudah mengumpulkan Modul Ajar berdiferensiasi serta mengupload video pembelajaran berdiferensiasi akhirnya diberikan Sertifikat Pelatihan oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya. *End/ds

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours