Cegah Hama Tikus, Koramil Jatirejo Kerahkan Babinsa Bareng BPP & Poktan Pasang Rubuha

1 min read

Mojokerto – suaraharianpagi.id

Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto bersama BPP Kecamatan Jatirejo, Perangkat Desa dan Poktan melakukan gerakan pembuatan rumah burung hantu serentak (Rubuha) yang berlangsung di areal sawah tanaman padi Desa Sumengko, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (13/07).

Personel Koramil 0815/15 Jatirejo yang berada di lokasi, Serma Solikin mengatakan, pembuatan Rubuha ini diinisiasi Koordinator BPP Kecamatan Jatirejo, pelaksanaannya bekerjasama dengan tiga pilar desa dan Poktan.
Tujuan pembuatan Rubuha ini untuk mencegah dan mengendalikan hama tikus yang sering menyerang tanaman padi milik petani hingga mengakibatkan gagal panen.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan musuh alami tikus yakni burung hantu (Tyto Alba).

“Cara ini sangat murah serta ramah lingkungan karena dengan memanfaatkan burung hantu yang menjadi musuh alami tikus dapat memberantas tikus secara alamiah tanpa merusak ekosistem dan lingkungan”, terang Serma Solikin.

Pantauan di lapangan, tampak hadir dalam pembuatan Rubuha ini Koordinator BPP Kecamatan Jatirejo, Sutrisno, S.P., beserta staf, Babinsa Koramil Jatirejo Sertu Huzaini dan Serda Fatchul Muin, Bhabinkamtibmas, Kaur Kesra Desa Sumengko, Poktan Manunggal 1 & 2 Desa Sumengko. *arp/ds

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours