Satgas Pangan Dan TPID Kabupaten Jombang Pantau Harga Cek Keamanan Pangan Di Pasar Ploso

2 min read

Jombang – suaraharianpagi.id

Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Satgas Pangan dan Tim TPID Pemerintah Kabupaten Jombang pada, Rabu (12/6) pagi blusukan ke pasar dalam rangka Giat Kendalikan Inflasi Menjaga Daya Beli.

Tiba di lokasi, rombongan yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Jombang Sugiat ini mendatangi para pedagang. Selain mengecek stok juga harga kebutuhan bahan pokok, sekaligus juga ada tim yang mengecek keamanan pangan
Disampaikan Pj Bupati Jombang Sugiat bahwa stok kebutuhan bahan pokok juga harga di Pasar Ploso masih stabil.
“Dari hasil pantauan, stok dan harga rata rata masih stabil. Kalaupun terjadi kenaikan fluktuasinya masih pada batas terkendali”, tutur Sugiat Pj Bupati Jombang.

Pj Bupati asal Dusun Kalongan Desa Japanan Kecamatan Gudo yang gemar blusukan ke desa desa untuk menyerap aspirasi masyarakat Jombang ini juga menghimbau kepada konsumen untuk memperhatikan terkait keamanan pangan.

“Pemerintah Kabupaten Jombang juga berkewajiban untuk melindungi keamanan pangan dari paparan bahan berbahaya seperti formalin atau pestisida. Oleh karena itu, pagi ini juga ada tim yang memantau keamanan pangan”, tuturnya.

Sementara itu, Nurkamalia S.K.M, M.Kes, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang menjelaskan bahwa pemantauan keamanan pangan merupakan kegiatan nasional. “Hari ini secara nasional telah melakukan kegiatan pemantauan keamanan pangan, termasuk di Kabupaten Jombang”, tuturnya.

“Hasilnya, ditemukan ikan kembung yang mengandung formalin. Meskipun kandungannya masih diangka 0,1 tetap akan kami kirim ke Lab. Surabaya. Kemudian tadi juga ada cabe rawit yang juga mengandung pestisida meski kadarnya rendah,” tutur Nur Kamalia.

Untuk itu masyarakat dihimbau untuk selalu mencuci bersih bahan makanan atau sayur mayr sebelum dikonsumsi. “Pastikan untuk cuci dengan bersih untuk menghilangkan kandungan bahan berbahaya bagi tubuh, sebelum dikonsumsi”, pungkasnya. *ryan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours