Pengajian Rutin Jumat Legi, Pj Bupati Jombang Ajak Jamaah Doakan Keselamatan Jombang

3 min read

Jombang – suaraharianpagi.id

Kegiatan Istighotsah dan Pengajian Rutin Setiap Jumat Legi kembali dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang pada Jumat (19/04).

Hadir dalam pengajian ini Pj Bupati Sugiat S.Sos., M.Psi., T, Gus Sa’dullah Syarofi Chusain IIyas, Perwakilan Forkopimda, Forkopimcam, staf ahli, asisten, Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, para pegawai lingkup Pemkab Jombang.
Sebelum pengajian acara diawali dengan santunan anak yatim yang diserahkan oleh Pj Bupati Jombang Sugiat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Sugiat secara pribadi menyampaikan apresiasi kepada Gus Sa’dullah Syarofi Chusain IIyas yang berkenan hadir, serta mengapresiasi pada seluruh jamaah yang aktif mengikuti Istighotsah Pengajian.

”Saya berharap melalui partisipasi aktif dalam Istighotsah dan pengajian rutin seperti ini, dapat menghidupkan kembali semangat keagamaan dan keimanan kita, serta membimbing kita menuju jalan yang lurus dan benar, yang selalu diridhai oleh Allah SWT,” tutur Pj Bupati Sugiat.

Tak lupa Pj Bupati Sugiat mengajak jamaah untuk senantiasa berdoa memohon keselamatan, kesehatan, dan kelancaran dalam menjalani setiap aspek kehidupan dan menjalan kan tugas sehari-hari.

Lebih lanjut, Pj Bupati asli dari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang ini mengajak semua jamaah yang hadir berdoa agar Jombang senantiasa dilindungi dari segala bencana dan bahaya, serta dapat terus berkembang menuju kemajuan yang lebih baik.

Genap 6 bulan Pj Bupati Sugiat menjalankan amanah memimpin Kabupaten Jombang, mengaku telah lolos dua kali evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri RI.

“Saya dinilai oleh Kemendagri Bapak/Ibu sekalian. Berkat doa restu penjenengan evaluasi pertama pada 4 Januari 2024 berjalan lancar. Evaluasi kedua pada 2 April 2024 juga berjalan lancar,” ujar PJ Bupati Sugiat.

Mantan Kepala BIN Daerah Sulawesi Barat ini mengaku dalam menjabat mendapat 10 tugas utama dari Presiden dan Kemendagri. Adapun beberapa pokok tugasnya diantaranya mengentaskan kemiskinan ekstrem, menurunkan kasus stunting, mengendalikan inflasi, meningkatkan investasi dan progam lainnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Sugiat meminta agar jamaah yang hadir senantiasa tetap menjaga kondusifitas nasional terkait dengan Pilpres yang telah terlaksana, maupun Pilkada Serentak mendatang. “Alhamdulillah Pemilu sudah berlangsung dengan kondusif. Semoga terus berlangsung baik hingga nanti, menunggu putusan MK pada 22 April 2024,” ujar Pj Bupati Sugiat.

Menutup sambutannya, Pj Bupati Jombang Sugiat berharap pengajian rutin Jumat Legi ini dapat menjadi siraman rohani di tengah padatnya aktivitas jamaah sehari-hari. Ia mengajak para pegawai dan jamaah menyempatkan waktu untuk merenung, memperbaiki diri, dan memperkuat ikatan spiritualitas dengan sang pencipta di sela-sela kesibukan dalam mengurus urusan pemerintahan dan pembangunan.

“Hanya dengan hati yang bersih dan jiwa yang kuat kita dapat menjalani tugas dan tanggung jawab kita dengan baik,” pungkas Sugiat Pj Bupati Jombang.

Gus Sa’dullah Syarofi Chusain IIyas dalam tauziahnya mengajak masyarakat mensyukuri nikmat kesempatan, yaitu dapat bertemu dengan Bulan Syawal. Pria yang akrab disapa Gus Dul ini mendalami lebih lanjut makna nikmat dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

“Kyai Saya itu berpesan bahwa rezeki adalah hutang, ditanyakan kwitansinya. Akan ditanya peruntukkannya. Kalau rezeki diperlakukan seperti hutang, jenengan minta sedikit, apa banyak?” kelakar Gus Dul.

Putra KH. Husain Ilyas ini menuturkan salah satu rezeki adalah umur panjang. Banyak masyarakat berdoa untuk dipanjangkan umurnya. Makna panjang umur menurut Gus Dul adalah berkah dan bermanfaat umurnya dan diperpanjang durasinya.

“Kalau Kyai Saya percaya bahwa panjang umurnya adalah ditambah durasinya. Juga ditambah berkah dan manfaat umurnya,” tutur Gus Dul.

Terakhir, Gus Dul menyampaikan pentingnya umat muslim meningkatkan taqwa. Pesan mengenai taqwa yang digaungkan di masjid-masjid setiap Ibadah Shalat Jumat patutnya selalu menjadi pedoman bagi semua muslim. *ryan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours