Lulus Ujian Teori dan Praktik, Polres Jombang Beri SIM Gratis Kepada 7 Pelajar

2 min read

Jombang – suaraharianpagi.id

Satlantas Polres Jombang memberikan penghargaan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C gratis bagi tujuh pelajar yang lulus mengikuti materi ujian teori dan praktik SIM setelah sebelumnya mendapat pembekalan.

Tujuh pelajar yang mendapatkan bantuan SIM C gratis tersebut merupakan peserta sosialisasi dan pelatihan ujian praktek sim dalam program SIM Pelajar Cemerlang Satlantas Polres Jombang, Sabtu (9/3).

“Kami memberikan reward (penghargaan) kepada 7 pengurus OSIS SMAN 2 Jombang yang lulus ujian teori dan praktik SIM dengan menggratiskan Biaya Pengurusan SIM,” kata Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi melalui Kasatlantas AKP Nur Arifin.

Ia mengatakan, hari ini melaksanakan sosialisasi dan pelatihan ujian praktik sim dalam program SIM Pelajar Cemerlang Satlantas Polres Jombang sebagai Implementasi Program Mahameru Lantas.  

Staf Satpas dan anggota unit Kamsel Satlantas Polres Jombang melaksanakan pendampingan kepada peserta dalam pelaksanaan ujian teori dan ujian praktik SIM (Surat Izin Mengemudi) tersebut.  

“Pelajar harus tahu etika berlalu lintas dan juga pentingnya memiliki SIM sebagai syarat untuk mengendarai kendaraan,” kata AKP Nur Arifin.  

Disampaikan AKP Nur Arifin, bahwa selain berkaitan dengan SIM dalam berkendara juga pelajar mesti memastikan persyaratan teknis kendaraan yang digunakan.

Menurut dia, kendaraan roda dua tidak boleh menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spektek (knalpot brong), tidak dalam pengaruh alkohol dalam berkendara serta kelengkapan kendaraan lainnya dan kondisi kendaraan yang layak untuk dikendarai.

Kemudian, dalam penerbitan SIM juga mesti melalui mekanisme dan ketentuan dan memenuhi persyaratan administrasi seperti usia, kesehatan jasmani dan rohani.

“Serta melalui proses pengujian yang melibatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku,” ujarnya.  

AKP Nur Arifin berharap dengan adanya sosialisasi terkait berlalu lintas itu pelajar di Jombang dapat menjadi pengendara yang tertib berlalu lintas mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

“Kami mengajak seluruh pengurus OSIS SMAN 2 Jombang yang mendapatkan reward SIM gratis ini menjadi Pelopor Ketertiban dan Keselamatan Berlalu lintas,” pungkasnya. *ryan


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours