Normalisasi Dam Ngrawan dan Sepanjang Kali Gude

2 min read

Jombang – suaraharianpagi.id

Pembersihan eceng gondok di Dam Ngrawan dan Sepanjang Kali Gude yang dilaksanakan oleh UPT PSDA Jombang berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir pada saat musim penghujan dan meminimalisir kerusakan bangunan yang disebabkan oleh menumpuknya sampah dan eceng gondok.

Langakah ini untuk mempercepat program pemeliharaan rutin jelang musim hujan. Pembersihan eceng gondok dan pengerukan sedimen menjadi cara efektif untuk mengembalikan fungsi dan bentuk Sungai dan dam ngrawan sehingga mampu menampung debit air dalam volume besar.

Utamanya saat musim penghujan tiba, yang kerap mendapat limpahan air dari berbagai anak sungai disekitarnya. Namun, dam ngrawan sudah berubah bentuk terkikis air dan tumpukkan eceng gondok, jangan sampai mengakibatkan air meluap hingga sampai permukiman warga.

“Selama ini normalisasi diwilayah dekat perkotaan karena sering terjadi banjir, maka pihak PUPR mengalihkan normalisasi ke dam ngrawan dan kali gude”. Ujar sekertaris dinas PUPR Imam Bustomi.

Ditambahkan, sebelum program tersebut terlaksana pihak PUPR telah memetakan wilayah mana saja yang dinormalisasi. Untuk itu inventarisasi wilayah diupayakan agar program pembersihan sampah dan eceng gondok serta pengerukan sedimen sungai segera terealisasi. Bahkan, proses pemetaan dikerjakan jauh hari sebelum musim penghujan yang diprediksi November bulan ini.

Bustomi juga menegaskan, jika normalisasi bukan proyek penanggulangan banjir dengan disertai pembangunan fisik, melainkan hanya program pemeliharaan rutin dinas PUPR Kabupaten Jombang.  

“Normalisasi ini adalah program pemeliharaan yang bertahun-tahun dijalankan oleh dinas PUPR Kabupaten Jombang”, tegas Bustomi. *ryan


You May Also Like

More From Author